Skema kasus DI
Fase I : pembukaan
a.
Konselor menyambut kedatangan konseli
dengan ramah.
b.
Konselor berjabat tangan dengan konseli
kemudian mempersilahkan konseli duduk.
c.
Sebelum masuk pada penjelasan masalah
konselor megajak konseli untuk bicara basa-basi.
d.
Konselor menjelaskan alasan konseli
dipanggil ke ruangan BK.
e.
Konselor mempersilahkan konseli
mengungkapkan masalahnya.
Fase II : Penjalasan Masalah
Konseli merasa bingung dan ragu-ragu, apakah aka
tetap tinggal di asrama sampai kelas III atau pindah kos.
Fase III : Analisis Masalah
a
Asal-usul masalah
·
Konseli tidak betah dengan peraturan di
asrama
·
Asrama yang ditempati adalah asrama
siswa Katolik
b
Unsur-unsur pokok dan tidak pokok
1.
Unsur-unsur pokok
·
Tidak kuat dengan dengan peraturan yang
ada di asrama
·
Konseli tidak mau terus-terusan ke
Gereja
·
Pengawas asrama yang menyebalkan
·
Ada beberapa baju yang hilang
2.
Unsur-unsur tidak pokok
·
Konseli siswa kelas II SMP
·
Orang tuanya di Yogyakarta sedangkan
konseli di Muntilan
·
Hasil presasi belajar baik
c
Orang-orang yang tetrlibat
·
Nisa
·
Teman-teman asrama
·
Orang tua Nisa
·
Pengawas asrama
d
Perasaan dan pikiran konseli
1. Perasaan Konseli
·
Bingung mau tetap di asrama atau pindah
di kos
·
Jengkel karena barangnya banyak yang
hilang dan jengkel dengan peraturan yang ada.
·
Jengkel dengan pengawas asrama
·
Takut kalau nanti terbawa ke agama
Katolik
·
Takut mengatakan kepada orang tuanya
kalau ingin pindah kos
2. Pikiran konseli
·
Jangan-jangan saya akan diarahkan untuk
menjadi Katolik
·
Tinggal di kos lebih bebas daripada di
asrama
·
Semakin lama saya di asrama semakin
banyak barang saya yang akan hilang.
Fase IV : Penyelesaian masalah
a. Norma / patokan
·
Konseli dapat mandiri tanpa harus ada
peraturan yang mengatur dirinya
·
Konseli tidak mau berpaling dari
agamanya
·
Prestasi belajar tetap baik
b. Pro dan kontra
|
Pro
|
Kontra
|
Tetap
di asrama
|
·
Membuat diri makin teratur dalam segala hal.
Seperti belajar, makan dan bangun tidur.
·
Hasil belajar tetap baik
·
Bisa makan meskipun tidak ada uang
|
·
Peraturan
harus ditaati, bila tidak akan mendapat hukuman.
·
Mengikuti misa di Gereja
·
Banyak barang yang hilang
·
Jam belajar ditentukan
|
Di
kos
|
·
Bebas dari peraturan
·
Jam belajar bebas
|
·
Terlalu bebas
·
Tidak ada yang mengawasi
·
Orang tua belum tentu mengijinkan
|
c. Hasil tinjauan
Keputusan
|
Bisakah
?
|
Inginkah
?
|
Asrama
|
Bisa
|
Ingin
|
Kos
|
Tidak
|
Tidak
|
d. Langkah konkrit yang akan dilakukan konseli
·
Konseli memutuskan untuk tetap tinggal
di asrama dan mengikuti aturan di sarama.
·
Konseli tetap berusaha untuk
mempertahankan hasil belajarnya.
Fase V : Penutup
a. konselor meminta konseli menegaskan kembali
keputusan yang diambilnya.
b. konselor memberi
semangat dan dukungan.
c. konselor menawarkan
bantuan bila konseli menghadapi masalah.
d. konseli berpamitan
dengan konselor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar